contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Rabu, 28 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan         
:
SMA NEGERI 1 HOFFENHEIM
Mata Pelajaran
:
SOSIOLOGI
Kelas / semester
:
XI IPS/ 1
Alokasi waktu
:
15 x 45 menit



Standar kompetensi
:
Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi dasar
:
Mendeskripsikan hubungan antar struktur sosial dengan mobilitas social
Indikator
:
·       Mendeskripsikan definisi mobilitas sosial
·       Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas sosial
·       Mendeskripsikan prinsip umum mobilitas sosial vertikal
·       Mendeskripsikan saluran mobilitas sosial

A.   Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat mendeskripsikan definisi mobilitas sosial
2.       Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas sosial
3.       Siswa dapat mendeskripsikan prinsip umum mobilitas sosial vertikal
4.       Siswa dapat mendeskripsikan saluran mobilitas sosial


B.    Materi Pokok / Pembelajaran
Mobilitas sosial

C. Metode Pembelajaran
     Diskusi kelompok, role play, jigsaw
  
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 JP)
1.    Kegiatan Awal (5’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konflik sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang definisi mobilitas sosial

2.    Kegiatan Inti (30’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mengkaji tentang definisi mobilitas sosial
·      Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan tentang definisi mobilitas sosial
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok

3.    Kegiatan Akhir (5’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 2 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu definisi mobilitas sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang jenis-jenis mobilitas sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang jenis-jenis mobilitas sosial
Ø Kelompok 1 membahas tentang mobilitas sosial horizontal
Ø Kelompok 2 membahas tentang mobilitas sosial horizontal intragenerasi
Ø Kelompok 3 membahas tentang mobilitas sosial horizontal antargenerasi
Ø Kelompok 4 membahas tentang mobilitas sosial vertikal
Ø Kelompok 5 membahas tentang mobilitas sosial vertikal intragenerasi
Ø Kelompok 6 membahas tentang mobilitas sosial vertikal antargenerasi
·      Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan
·      Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa

Pertemuan 3 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu jenis-jenis mobilitas sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu mendiskusikan tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mediskusikan tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal diantaranya:
ü Hampir tidak ada masyarakat yang sistem lapisannya mutlak tertutup.
ü Betapapun terbukanya sistem lapisan dalam suatu masyarakat, tak mungkin gerak sosial yang vertikal dilakukan dengan sebebas-bebasnya
ü Gerak sosial yang umum berlaku bagi semua masyarakat tidak ada
ü Laju gerak sosial yang vertikal disebabkan oleh faktor-faktor ekonomi, politik serta pekerjaan bebeda-beda
ü Dalam mobilitas sosial yang disebabkan oleh faktor ekonomis, politik dan pekerjaan, tidak ada kecenderungan yang kontinu perihal bertambah atau berkurangnya laju gerak sosial

·      Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Ø Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 4 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang saluran mobilitas sosial vertikal

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang saluran mobilitas sosial vertikal
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang angkatan bersenjata
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang lembaga lembaga keagamaan
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang lembaga pendidikan
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang organisasi politik
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang organisasi ekonomi
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang organisasi keahlian
Ø Kelompok 7 mendiskusikan tentang perkawinan
·      Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Ø Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

E.    Alat, bahan dan sumber belajar
·    Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
·    Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan   
  



F.       Penilaian
Penilaian Performans
·         Performans tentang mobilitas sosial
·         Aspek yang dinilai:
·         Kecakapan akademis
·         Kecakapan sosial
·         Pedoman penskoran:

No.
Aspek Yang Dinilai
Kriteria
1.
1.    Kecakapan akademis
·         Penguasaan materi
Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik
Skor 4, jika penguasaan materi baik
Skor 3, jika penguasaan materi sedang
Skor 2, jika penguasaan materi kurang
Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang

·         Pengembangan konsep
Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik
Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik
Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya
Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya
Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya
2.
Kecakapan sosial
·         Penghayatan peran
Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik
Skor 4, jika penghayatan peran baik
Skor 3, jika penghayatan peran cukup
Skor 2, jika penghayatan peran kurang
Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang

·         Intonasi suara
Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan
Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan
Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan
Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan
Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan

·         Ekspresi
Skor 5, jika ekspresi sangat baik
Skor 4, jika ekspresi baik
Skor 3, jika ekspresi cukup
Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang
Skor 1, jika ekspresi sangat kurang




FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG MOBILITAS SOSIAL


No.
Aspek Yang Dinilai

Nama
Siswa
Kecakapan Akademis
Kecakapan Sosial
Penguasaan Konsep
Pengembangan Konsep
Penghayatan peran
Intonasi suara
ekspresi
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.








                                                                                                                Hoffenheim, 27 Desember 2011
                                             
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                 Guru Sosiologi




Imam Syafi’i, MPd.                                                       Galih Lumaksono                                                 
                                                                                          

1 komentar:

  • Latifah on 17 Februari 2019 pukul 09.54

    Wah keren sekali tulisannya, aku suka. Kamu hobi baca buku? Butuh rekomendasi novel menarik.

    Baca dulu ulasan dari MantuIdaman Blog berikut

    - Alias Harga Untuk Sebuah Kematian
    - Antologi Fiksi Suker
    - Kau Begitu Sempurna
    - Novel MR Innocent

    Salam hangat, dari
    Latifah

  • Posting Komentar

    Pages

    Diberdayakan oleh Blogger.

    You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

    Populer