RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 PATI
Kelas : X
Semester : 1
Program : -
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 2 X 45 menit (1 pertemuan)
A. Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungannya
C. Indikator :1. Mendeskripsikan klasifikasi masalah sosial
2. Mendeskripsikan kriteria masalah sosial
3. Menjelaskan beberapa masalah sosial penting
D. Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat mendeskripsikan klasifikasi masalah sosial
· Siswa dapat mendeskripsikan kriteria masalah sosial
· Siswa dapat menjelaskan beberapa masalah sosial penting
- Materi Pembelajaran :
· klasifikasi masalah sosial
· kriteria masalah sosial
· beberapa masalah sosial penting
F. Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
G. Model Pembelajaran :
Example non example
H. Kegiatan Pembelajaran :
· Pendahuluan ( 10’)
· Guru mengadakan apresepsi kepada siswa berupa ucapan salam dan mengadakan absen
· Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas X.
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan mengenai masalah sosial di masyarakat
· Kegiatan Inti ( 70’)
Guru menjelaskan secara garis besar mengenai masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat
· Eksplorasi
ü Guru membagi siswa ke dalam 7 kelompok diskusi
ü Siswa secara berkelompok mendiskusikan klasifikasi dan kriteria masalah sosial di masyarakat
ü Siswa diberikan sebuah gambar mengenai masalah sosial di masyarakat untuk didiskusikan yang diberikan melalui power point dari guru
ü Tiap-tiap anggota kelompok mendapat tugas yang berbeda-beda, yaitu :
Ø Kemiskinan
Ø Kejahatan
Ø Masalah remaja
Ø Peperangan
Ø Pelanggaran terhadap norma
Ø Masalah kelainan seksual
Ø Masalah kependudukan
ü Berdasarkan gambar contoh masalah sosial yang diterima masing-masing kelompok kemudian dituangkan dalam bentuk review hasil diskusi
· Elaborasi
ü Tiap perwakilan anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang klasifikasi dan kriteria masalah sosial sesuai gambar di depan kelas
· Konfirmasi
ü Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
ü Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
· Penutup ( 10’)
ü Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terhadap materi pelajaran
ü Menunjuk beberapa orang siswa untuk meberikan kesimpulan materi yang telah dipelajari melalui diskusi
I. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, ceramah bervariasi
J. Media Pembelajaran :
· Presentasi Power Point dari Guru
· Papan Tulis
· Buku Pelajaran Sosiologi
· Spidol
· Laptop
· LCD
· Gambar terkait contoh masalah sosial
K. Sumber Bahan :
· Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Soekanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt), Sosiologi Kelas X (Idianto Muin)
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan dengan materi pembelajaran
L. Penilaian :
Penilaian dilakukan dengan 2 langkah penilaian yaitu Penilaian Tes Tertulis dan Penilaian Diskusi Kelompok
Pati, 21 Desember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SMA N 1 PATI Sosiologi
Dra. Azizah Galih Lumaksono, SPd.