RPP SOSIOLOGI KELAS XI SEMESTER 1 TENTANG STRUKTUR SOSIAL, DIFERENSIASI SOSIAL, DAN STRATIFIKASI SOSIAL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 1 HOFFENHEIM |
Mata Pelajaran | : | SOSIOLOGI |
Kelas / semester | : | XI IPS / 1 |
Alokasi waktu | : | 18 x 45 menit |
Standar kompetensi | : | Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial |
Kompetensi dasar | : | Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat |
Indikator | : | · Mendeskripsikan struktur sosial · Mendeskripsikan diferensiasi berdasarkan ras · Mendeskripsikan diferensiasi berdasarkan etnis, klan, agama dan gender · Mendeskripsikan pengertian stratifikasi sosial · Mendeskripsikan karakteristik dan sebab-sebab timbulnya stratifikasi · Mendeskripsikan bentuk-bentuk stratifikasi sosial · Mendeskripsikan sifat stratifikasi sosial · Mendeskripsikan unsur-unsur stratifikasi sosial |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan konsep struktur sosial
2. Siswa dapat mendeskripsikan diferensiasi sosial
3. Siswa dapat mendeskripsikan stratifikasi sosial
B. Materi Pokok / Pembelajaran
Struktur sosial, Diferensiasi Sosial, dan Stratifikasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, role play, quantum learning, problem solving
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas XI IPS
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan struktur sosial
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi dan unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Masing-masing kelompok memberikan contoh untuk tiap unsur
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi dan unsur-unsur struktur sosial
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Pertemuan 2 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang diferensiasi sosial
2. Kegiatan Inti (30’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan tentang diferensiasi sosial
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang diferensiasi sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan teori
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini
Pertemuan 3 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsep diferensiasi sosial
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang diferensiasi ras
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang tradisi atau ritual tentang klasifikasi ras menurut A.L Krober
Ø Kelompok 1 menampilkan tentang ras Australoid
Ø Kelompok 2 menampilkan tentang subras Asiatic Mongoloid
Ø Kelompok 3 menampilkan tentang subras American Mongoloid
Ø Kelompok 4 menampilkan tentang subras Mediteranian
Ø Kelompok 5 menampilkan tentang subras Indic
Ø Kelompok 6 menampilkan tentang subras African Negroid
Ø Kelompok 7 menampilkan tentang subras Melanesia
· Elaborasi
Ø Siswa secara berkelompok menampilkan tradisi dari subras yang telah ditetapkan
Ø Siswa dari kelompok lain memperhatikan tradisi yang ditampilkan
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami klasifikasi ras melalui adegan yang mereka tampilkan
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan klasifikasi ras
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 4 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan diferensiasi klan, agama, dan gender
Ø Tiap-tiap kelompok mempersiapkan performans berupa parodi atau drama singkat tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
· Elaborasi
· Masing-masing kelompok menampilkan performans tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
Ø Kelompok lain memperhatikan performans dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 5 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu definisi, karakteristik dan sebab-sebab timbulnya stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mempersiapkan performans tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang pengertian stratifikasi sosial
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang perbedaan kemampuan atau kesanggupan
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang perbedaan gaya hidup
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang perbedaan hak dan akses dalam memanfaatkan sumber daya
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans berupa parodi atau drama singkat
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan
Pertemuan 6 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu bentuk-bentuk stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Guru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang stratifikasi ekonomi
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang stratifikasi pendidikan
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang stratifikasi berdasarkan kepemilikan tanah
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang stratifikasi tipe kasta
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang stratifikasi tipe demokratis
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang stratifikasi Masa Kolonial
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
Pertemuan 7 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu sifat-sifat dan fungsi stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang sifat-sifat dan unsur stratifikasi sosial
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan presentasi tentang sifat-sifat dan unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentsasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
4. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang -sifat dan unsur stratifikasi sosial
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
Pertemuan 8 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu unsur-unsur stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan sebuah performans tentang unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang ascribed status
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang achieved status
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang achieved status
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang conflict role
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang role distance
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang role expectation
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan presentasi tentang unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentsasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang unsur stratifikasi sosial
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
E. Sumber belajar
· Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
F. Penilaian Penilaian Performans
· Performans tentang struktur sosial
· Aspek yang dinilai:
· Kecakapan akademis
· Kecakapan sosial
· Pedoman penskoran:
No. | Aspek Yang Dinilai | Kriteria |
1. | 1. Kecakapan akademis · Penguasaan materi | Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik Skor 4, jika penguasaan materi baik Skor 3, jika penguasaan materi sedang Skor 2, jika penguasaan materi kurang Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang |
· Pengembangan konsep | Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya | |
2. | Kecakapan sosial · Penghayatan peran | Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik Skor 4, jika penghayatan peran baik Skor 3, jika penghayatan peran cukup Skor 2, jika penghayatan peran kurang Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang |
· Intonasi suara | Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan | |
· Ekspresi | Skor 5, jika ekspresi sangat baik Skor 4, jika ekspresi baik Skor 3, jika ekspresi cukup Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang Skor 1, jika ekspresi sangat kurang |
FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG STRUKTUR SOSIAL
No. | Aspek Yang Dinilai Nama Siswa | Kecakapan Akademis | Kecakapan Sosial | |||
Penguasaan Konsep | Pengembangan Konsep | Penghayatan peran | Intonasi suara | ekspresi | ||
1. | ||||||
2. | ||||||
3. | ||||||
4. | ||||||
5. | ||||||
6. | ||||||
7. | ||||||
8. |
Hoffenheim, 27 Desember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Sosiologi
Imam Syafi’i, MPd. Galih Lumaksono