RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 1 BATANGHARI |
Mata Pelajaran | : | SOSIOLOGI |
Kelas / semester | : | XI IPS / 1 |
Alokasi waktu | : | 18 x 45 menit |
| | |
Standar kompetensi | : | Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial |
Kompetensi dasar | : | Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat |
Indikator | : | · Mendeskripsikan struktur sosial · Mendeskripsikan diferensiasi berdasarkan ras · Mendeskripsikan diferensiasi berdasarkan etnis, klan, agama dan gender · Mendeskripsikan pengertian stratifikasi sosial · Mendeskripsikan karakteristik dan sebab-sebab timbulnya stratifikasi · Mendeskripsikan bentuk-bentuk stratifikasi sosial · Mendeskripsikan sifat stratifikasi sosial · Mendeskripsikan unsur-unsur stratifikasi sosial |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan konsep struktur sosial
2. Siswa dapat mendeskripsikan diferensiasi sosial
3. Siswa dapat mendeskripsikan stratifikasi sosial
B. Materi Pokok / Pembelajaran
Struktur sosial, Diferensiasi Sosial, dan Stratifikasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, role play, quantum learning, problem solving
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas XI IPS
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan struktur sosial
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi dan unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Masing-masing kelompok memberikan contoh untuk tiap unsur
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi dan unsur-unsur struktur sosial
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Pertemuan 2 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang diferensiasi sosial
2. Kegiatan Inti (30’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan tentang diferensiasi sosial
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang diferensiasi sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan teori
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini
Pertemuan 3 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsep diferensiasi sosial
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang diferensiasi ras
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang tradisi atau ritual tentang klasifikasi ras menurut A.L Krober
Ø Kelompok 1 menampilkan tentang ras Australoid
Ø Kelompok 2 menampilkan tentang subras Asiatic Mongoloid
Ø Kelompok 3 menampilkan tentang subras American Mongoloid
Ø Kelompok 4 menampilkan tentang subras Mediteranian
Ø Kelompok 5 menampilkan tentang subras Indic
Ø Kelompok 6 menampilkan tentang subras African Negroid
Ø Kelompok 7 menampilkan tentang subras Melanesia
· Elaborasi
Ø Siswa secara berkelompok menampilkan tradisi dari subras yang telah ditetapkan
Ø Siswa dari kelompok lain memperhatikan tradisi yang ditampilkan
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami klasifikasi ras melalui adegan yang mereka tampilkan
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan klasifikasi ras
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 4 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan diferensiasi klan, agama, dan gender
Ø Tiap-tiap kelompok mempersiapkan performans berupa parodi atau drama singkat tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
· Elaborasi
· Masing-masing kelompok menampilkan performans tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
Ø Kelompok lain memperhatikan performans dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 5 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu definisi, karakteristik dan sebab-sebab timbulnya stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mempersiapkan performans tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang pengertian stratifikasi sosial
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang perbedaan kemampuan atau kesanggupan
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang perbedaan gaya hidup
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang perbedaan hak dan akses dalam memanfaatkan sumber daya
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans berupa parodi atau drama singkat
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan
Pertemuan 6 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu bentuk-bentuk stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Guru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang stratifikasi ekonomi
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang stratifikasi pendidikan
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang stratifikasi berdasarkan kepemilikan tanah
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang stratifikasi tipe kasta
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang stratifikasi tipe demokratis
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang stratifikasi Masa Kolonial
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
Pertemuan 7 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu sifat-sifat dan fungsi stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang sifat-sifat dan unsur stratifikasi sosial
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan presentasi tentang sifat-sifat dan unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentsasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
4. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang -sifat dan unsur stratifikasi sosial
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
Pertemuan 8 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu unsur-unsur stratifikasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan sebuah performans tentang unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang ascribed status
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang achieved status
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang achieved status
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang conflict role
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang role distance
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang role expectation
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan presentasi tentang unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentsasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang unsur stratifikasi sosial
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
E. Sumber belajar
· Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
F. Penilaian Penilaian Performans
· Performans tentang struktur sosial
· Aspek yang dinilai:
· Kecakapan akademis
· Kecakapan sosial