contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Kamis, 22 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         
:
SMA NEGERI 1 BATANGHARI
Mata Pelajaran
:
SOSIOLOGI
Kelas / semester
:
XI IPS / 1
Alokasi waktu
:
18 x 45 menit



Standar kompetensi
:
Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi dasar
:
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat
Indikator
:
·      Mendeskripsikan struktur sosial
·      Mendeskripsikan diferensiasi berdasarkan ras
·      Mendeskripsikan diferensiasi berdasarkan etnis, klan, agama dan gender
·      Mendeskripsikan pengertian stratifikasi sosial
·      Mendeskripsikan karakteristik dan sebab-sebab timbulnya stratifikasi
·      Mendeskripsikan bentuk-bentuk stratifikasi sosial
·      Mendeskripsikan sifat stratifikasi sosial
·      Mendeskripsikan unsur-unsur stratifikasi sosial

A.   Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat mendeskripsikan konsep struktur sosial
2.       Siswa dapat mendeskripsikan diferensiasi sosial
3.       Siswa dapat mendeskripsikan stratifikasi sosial

B.    Materi Pokok / Pembelajaran
Struktur sosial, Diferensiasi Sosial, dan Stratifikasi Sosial

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, role play, quantum learning, problem solving
  
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas XI IPS
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan struktur sosial

2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi dan unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Masing-masing kelompok memberikan contoh untuk tiap unsur
·      Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi dan unsur-unsur struktur sosial
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari

Pertemuan 2 (1 JP)
1.    Kegiatan Awal (5’)
·      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang diferensiasi sosial

2.    Kegiatan Inti (30’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan tentang diferensiasi sosial
·      Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang diferensiasi sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan teori

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini

Pertemuan 3 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsep diferensiasi sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang diferensiasi ras

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang tradisi atau ritual tentang klasifikasi ras menurut A.L Krober
Ø Kelompok 1 menampilkan tentang ras Australoid
Ø Kelompok 2 menampilkan tentang subras Asiatic Mongoloid
Ø Kelompok 3 menampilkan tentang subras American Mongoloid
Ø Kelompok 4 menampilkan tentang subras Mediteranian
Ø Kelompok 5 menampilkan tentang subras Indic
Ø Kelompok 6 menampilkan tentang subras African Negroid
Ø Kelompok 7 menampilkan tentang subras Melanesia

·      Elaborasi
Ø Siswa secara berkelompok menampilkan tradisi dari subras yang telah ditetapkan
Ø Siswa dari kelompok lain memperhatikan tradisi yang ditampilkan
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami klasifikasi ras melalui adegan yang mereka tampilkan
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan klasifikasi ras

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
·      Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

Pertemuan 4 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok mendiskusikan diferensiasi klan, agama, dan gender
Ø Tiap-tiap kelompok mempersiapkan  performans berupa parodi atau drama singkat tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
·      Elaborasi
·      Masing-masing kelompok menampilkan performans tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
Ø Kelompok lain memperhatikan performans dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan diferensiasi suku bangsa, klan, agama, dan gender

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
·      Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

Pertemuan 5 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu
·      Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu definisi, karakteristik dan sebab-sebab timbulnya stratifikasi sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mempersiapkan performans tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang pengertian stratifikasi sosial
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang perbedaan kemampuan atau kesanggupan
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang perbedaan gaya hidup
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang perbedaan hak dan akses dalam memanfaatkan sumber daya
·      Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans berupa parodi atau drama singkat
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan

Pertemuan 6 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu bentuk-bentuk stratifikasi sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Guru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang stratifikasi ekonomi
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang stratifikasi pendidikan
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang stratifikasi berdasarkan kepemilikan tanah
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang stratifikasi tipe kasta
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang stratifikasi tipe demokratis
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang stratifikasi Masa Kolonial
·      Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·         Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang definisi, sebab-sebab dan karakteristik stratifikasi sosial
·         Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

Pertemuan 7 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu sifat-sifat dan fungsi stratifikasi sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang sifat-sifat dan unsur stratifikasi sosial
·      Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan presentasi tentang sifat-sifat dan unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentsasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

4.    Kegiatan Akhir (10’)
·         Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang -sifat dan unsur stratifikasi sosial
·         Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

Pertemuan 8 (3 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu unsur-unsur stratifikasi sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan sebuah performans tentang unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang ascribed status
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang achieved status
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang achieved status
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang conflict role
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang role distance
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang role expectation
·      Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan presentasi tentang unsur-unsur stratifikasi sosial
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap presentsasi dari siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

3.    Kegiatan Akhir (10’)
·         Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang unsur stratifikasi sosial
·         Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

E.    Sumber belajar
·         Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
·         Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan   


F.    Penilaian Penilaian Performans
·         Performans tentang struktur sosial
·         Aspek yang dinilai:
·         Kecakapan akademis
·         Kecakapan sosial

0

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Populer