contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Kamis, 22 Desember 2011

Mayarakat  Multikultural
                          I.            Hakekat Masyarakat Multikultural dan Kebudayaan
A.    Pengertian Masyarakat Multikultural
Kata masyarakat diadopsi dari kata Arab yaitu Syakara yang artinya ikutserta. Pada bahasa Inggris kata masyarakat dikenal dengan istilah society yang sebenarnya diadopsi dari kata Latin yaitu socius yang artinya kawan. Berdasarkan hal tersebut masyarakat dapat diartikan sebagai berkawan atau ikutserta.
Pengertian masyarakat menurut para ahli sosiologi,antara lain:
1.      Menurut Selo Sumarjan, 1974
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan.
2.      Menurut Koentjaraningrat, 1994
Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu system adat istiadat tertentu yang kontinyu dan terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.
3.      Menurut Raplh Linton, 1968
Masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama dalam waktu relative lama dan mampu membuat keteraturan dalam kehidupan bersama dan mereka menganggap sebagai satu kesatuan social.
4.      Menurut J.L. Gillin, 1954
Masyarakat adalah kesatuan kolektif manusia yang hidup berinteraksi social menurut system adat istiadat, pola sikap, perilaku, dan perasaan kolektif yang terikat oleh rasa identitas bersama.

B.     Ciri-ciri Masyarakat sebagai berikut:
a)      Manusia yang hidup bersama, dua atau lebih dari dua orang.
b)      Bergaul dalam jangka waktu yang relative lama.
c)      Setiap anggotanya menyadari sebagai satu kesatuan.
d)     Bersama membangun sebuah kebudayaan yang membuat keteraturan dalam kehidupan bersama.
C.     Cara Terbentuknya Masyarakat
1.      Dengan cara sengaja atau dipaksakan, misalnya masyarakat di suatu Negara dibentuk dengan car sengaja.
2.      Masyarakat yang dibentuk dengan sendirinya, misalnya suatu suku bangsa, masyarakat terasing, dan sejenisnya

D.    Pengertian Kebudayaan
Budaya atau Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuiakan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
  
Berikut akan dijelaskan beberapa pengertian Kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli :
1.      Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2.      M. Jacobs dan B.J. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi social, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan social.



3.      Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
4.      Dr. K. Kupper
Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
5.      William H. Haviland
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima ole semua masyarakat.
6.      Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
7.      Francis Merill
Ø  Pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social
Ø  Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.

8.      Bounded et.al
Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.

9.      Mitchell (Dictionary of Soriblogy)
Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.
10.  Robert H Lowie
Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

E.     Unsur-Unsur Kebudayaan
Menurut Clyde Kluckhohn menyebutkan tujuh unsure kebudayaan, yakni:
1)      Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
2)      Mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi
3)      System kemasyarakatan
4)      Bahasa
5)      Kesenian
6)      System pengetahuan; dan
7)      System kepercayaan(religi)

F.      Fungsi Kebudayaan

a)      Hasil karya manusia melahirkan teknologi atau kebudayaan kebendaan
b)      Karsa masyarakat yang merupakan perwujudan norma dan nilai-nilai social dapat menghasilkan tata tertib dalam pergaulan masyarakat.
c)      Pola-pola perilaku yang merupakan cara-cara masyarakat untuk bertindak atau berkelakuan yang sama dan harus diikuti oleh semua anggota masyarakat

0

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Loading...

This Time

Share it

Populer